Membuat Micro SIM Card Sendiri

Friday, March 14, 2014

Micro SIM Card merupakan SIM Card ponsel pada umumnya namun memiliki dimensi yang lebih kecil. Micro SIM Card ini biasanya digunakan pada Smartphone masa kini seperti Samsung Galaxy Tab3, Samsung Galaxy S 4, HTC One, OPPO Find 5 dan Sony Xperia Z dan smartphones high end lainnya.

Micro SIM Card bisa dibuat sendiri tanpa harus pergi ke counter ponsel. Sebelum melakukan pemotongan, anda harus tahu dimensi dari Micro SIM ini sendiri, untuk lebih jelasnya bisa anda lihat dimensi/ukuran Micro SIM pada gambar dibawah ini :



Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan bermodalkan :
  • SIM Card
  • Gunting / Cutter
  • Ballpoint / Pensil
  • Gunting kuku
  • Penggaris
Adapun cara kerjanya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan SIM Card, bisa dibeli di counter terdekat atau SIM Card yang telah anda miliki.
  2. Gunakanlah penggaris (usahakan penggaris tersebut memiliki satuan milimeter atau mm) untuk mengukur dimensi dari SIM Card. acuan pertama dalam pengukuran adalah sisi kiri SIM Card, Ukurlah 1 mm dari Logam SIM Card lalu tandai dengan Ballpoint atau pensil secara vertikal.
  3. Ukur pula 1 mm pada sisi atas logam SIM Card dan tandai secara horizontal.
  4. Dari tanda vertikal di samping kiri anda ukur menuju ke kanan sepanjag 15 mm lalu tandai secara vertikal kebawah (usahakan jangan sampai tanda miring).
  5. selanjutnya kita akan menentukan garis pada pemotongan sisi bawah dengan mengukur tanda yang sudah dibuat di sisi atas lalu ukur secara vertikal atau kebawah 12 mm lalu tandai dengan titik atau langsung tandai horizontal.
  6. Untuk membuat tanda menyamping keatas pada bagian kanan bawah, yang perlu dilakukan adalah ukur kembali dari tanda sisi kiri menuju ke kanan di bagian bawah logam sepanjang 12 mm lalu tandai dengan titik saja dan diteruskan dengan mengukur tinggi bagian samping dari tanda sisi atas menuju kebawah pada bagian samping kanan 9 mm lalu anda tandai dengan titik dan anda garis secara lurus dua titik tadi.
  7. Maka sekarang akan berbentuk SIM Card berukuran mini.Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar dibawah ini :
  8. Selanjutnya anda potong SIM ini secra perlahan dan hati-hati dengan menggunakan gunting atau cutter (baiknya anda potong pada bagian luar garis yang telah anda buat agar nantinya Micro SIM tidak terlalu kecil saat dipasang).
  9. Setelah anda potong rapikan sedikit demi sedikit dengan gillette atau kikir yang ada pada pemotong kuku secara perlahan dan coba masukan pada Smartphone anda apakah masih terlalu besar untuk masuk pada slot kartu Micro SIM pada Smartphone anda (saat anda memotong SIM Card tadi dari bagian luar tanda, biasanya akan kebesaran)
  10. Jika sudah bisa masuk maka anda tes dengan menghidupkan smartphone anda jika belum bisa masuk ke slot kartu SIM maka anda kikir atau rapikan lagi hingga bisa masuk.
Selamat mencoba, saya sudah pernah mencoba dan berhasil.

Sumber : Mas Andank

0 comments:

Post a Comment