Membuat Logo One Photography dengan CorelDraw X4

Wednesday, November 6, 2013

Membuat logo dengan CorelDraw X4 ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, dengan modal imajinasi dan ketekunan serta contoh dan tutorial yang banyak tersedia di internet, kita dapat membuat logo dengan kreasi sendiri.

tanpa basa basi lagi, penulis mencoba menuangkan imajinasi untuk membuat logo yang terinspirasi dari logo-logo yang banyak ditemukan di Mbah Google, maka penulis mencoba membuat Logo dengan nama One Photography.
Logo One Photography. Created by Nopi Hartawan
Langkah-langkah untuk membuat Logo One Photography adalah :
1.       Buka aplikasi CorelDraw X4
2.       Buat file baru dengan cara klik menu FileàNew atau CTRL+N
3.       Pilih Ellips Tool


4.       Sambil menekan tombol CTRL di keyboard, drag pada wokspace untuk membentuk sebuah lingkaran.

5.       Selanjutnya kita akan membuat persegi enam dengan cara pilih Polygon Tool dan rubah Number of points menjadi 6. Sambil menekan tombol CTRL, drag kursor pada workspace.

6.       Untuk membuat posisi persegi enam berada di tengah lingkaran secara vertical maupun horizontal, kita gunakan fungsi align. Pilih Pick Tool kemudian blok kedua objek dengan cara klik tahan area diluar kedua objek kemudian drag sehingga kedua objek akan tercakup.

7.        Pada menu bar klik Arrange >> Align and Distribute >> Align and Distribute

8.       Akan mucul Jendela Align and Distribute, isikan centang pada kedua checkbox Center dan klik Apply

9.       Lanjutkan dengan memodifikasi ujung-ujung dari persegi enam tersebut menggunakan Shape Tool.

10.   Klik salah satu ujung persegi enam dan  tarik keluar lingkaran sehingga menghasilkan gambar sebagai seperti dibawah ini.

11.   Gambar lingkaran akan kita potong mengikuti pola dari objek  yang ada di tengah lingkaran (Memotong lingkaran yang bersinggungan dengan objek yan gberada di tengahnya). Caranya adalah dengan teknik Trim. Pilih Pick Tool dan klik objek yang berada di tengah lingkaran dilanjutkan dengan memilih menu Arrange >> Shaping >> Shaping.

12.   Akan muncul jendela Shaping, pilih Trim dan tekan tombol Trim (Ingat pilih dulu objek yang berada di tengah sebelum menekan tombol Trim!), berikutnya klik objek lingkaran.

13.   Setelah proses Trim selesai, klik objek yang berada di tengah dan hapus dengan menggunakan tombol Del sehingga menghasilkan gambar seperti dibawah.

14.   Beri warna pada objek dengan menggunakan Smart Fill Tool dan klik salah satu bagian dari objek lingkaran

15.   Setelah objek di-klik, pilih warna yang sesuai dengan memilih menu warna yang tersedia disebelah kanan. Lakukan pada objek yang lain sehingga semua gambar memiliki warna.

16.   Hilangkan garis pinggir pada objek yang baru dengan men-setting outline color. Seleksi semua objek menggunakan Pick Tool, klik diluar objek dan drag hingga semua objek terseleksi. Kemudian teken Outline Color dan setting Width menjadi None.

Hasilnya seperti dibawah ini :

17.   Buat objek baru berbentuk lingakran dan letakkan ditengah objek tadi, ukuran disesuaikan dengan ruang yang tersedia dan atur posisi agar berada tepat di tengah objek. Untuk membuat lingakaran lakukan langkah 4 dan untuk membuat posisi objek berada ditengah lakukan langkah 7 & 8.
18.   Setting Outline color, rubah Width menjadi 12. Untuk setting Outline color lihat langkah 16.
19.   Kita akan membuat objek kamera yang akan diletakkan di tengah lingkaran berwarna hitam.
20.   Klik Rectangle, tekan dan drag pada workspace untuk membuat persegi empat dengan ukuran menyesuaikan dengan lebar lingkaran. Zoom objek untuk memudahkan dalam proses editing.

21.   Pilih Shape Tool, klik pada salah satu titik objek persegi, kemudian klik, tahan dan geser kursor untuk menghasilkan persegi dengan ujung yang tumpul. Rubah ukuran Outline menjadi 10.
22.   Sekarang buat objek lingkaran dan letakkan ditengah objek persegi dengan posisi berada di tengah-tengah lingkaran. Lihat langkah 4 untuk membuat objek lingkaran.
23.   Langkah terakhir untuk membuat kamera adalah membuat tombol shutter, gunakan rengtacle tool. LIhat halaman 20, sesuaikan ukuran dengan objek dan set warna persegi dengan warna hitam.
24.   Untuk mempermanis logo, isikan lingkaran di area paling luar, lihat langkar 4. Ukuran lingkaran harus mencakup seluruh objek, setting warna putih dan outline hitam dengan width 12. Letakkan objek pada layer paling belakang dengan menekan tombol CTRL + END, sehingga hasilnya seperti dibawah ini
25.   Sekarang kita akan menambahkan tulisan One Photography dan “O” pada “one” kita ganti dengan logo yang telah kita buat. Buatlah tulisan “ne” dengan menggunakan Text Tool.
26.   Ketik “ne”, gunakan jenis tulisan Bauhaus 93. Perbesar tulisan dengan menarik salah satu ujung gambar, tujuannya untuk memudahkan pengeditan.

27.   Pisah Tulisan “ne”, klik ArrangeàBreak Artistic >> Break Apart.

28.   Setelah tulisan dipisah kita lanjut dengan merubah posisi huruf “e”, agar tampilannya lebih menarik untuk dilihat. Gunakan Pick Tool, klik huruf “e” 2x kemudian putar sebesar 35o sehingga menjadi seperti ini.
29.   Sekarang gabungkan dengan logo yang sudah kita buat sebelumnya, posisikan logo dan tulisan agar menarik untuk dilihat. Seleksi logo dan pindahkan ke sebelah tulisan “ne”.
30.   Dan yang terakhir dilakukan adalah dengan menyisipkan tulisan “photography”, untuk membuat tulisan lihat langkah 25. Atur posisi dan ukuran sehingga menghasilkan tampilan seperti ini.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa penulis sajikan untuk membuat logo One Photography dengan menggunakan Aplikasi Corel Draw X4, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi pembaca sekalian dalam membuat atau mendesain sebuah logo.






                                                                                                                         

2 comments:

  1. Terima kasih gan tutorialnya..kalau bisa screenshotnya di perbesar lagi biar jelas.

    ReplyDelete
  2. terima kasih sarannya
    akan kami tindaklanjuti

    ReplyDelete