Sharing Folder pada Windows 7

Tuesday, February 12, 2013


          Selamat datang kembali di blog Trik Komputer,
Ok, kali ini penulis akan berbagi cara melakukan sharing folder, disini penulis menggunakan sistem operasi Windows 7 sebagai media praktek. Sebelum memulai praktek, ada baiknya penulis bahas sedikit manfaat dari sharing folder.
Dengan adanya sharing file/folder, file/folder yang di-share akan dapat diakses oleh komputer lain dalam jaringan tersebut. Selain memudahkan akses file/folder, sharing folder akan memudahkan pengguna dalam melakukan transfer data berupa file/folder.
Berikut langkah-langkah melakukan sharing folder :
1.    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merubah settingan sharing pada komputer, caranya pilih Start > Control Panel > Network and Internet >Network and Sharing Data > Change advanced sharing settings.
2.      Setelah muncul jendela Change sharing options for different network profiles rubahlah settingan “File and printer sharing” menjadi Turn On dan “Password protected sharing” menjadi Turn Off.

Password protected sharing dirubah menjadi Turn Off agar pada saat mengakses folder tersebut tidak perlu memasukkan Username dan Password. Setelah dirubah klik Save changes.
3.      Sekarang kita buka Windows Explorer, dan cari folder yang akan kita share, disini penulis menggunakan folder SMKN 1 Negara sebagai sample. Klik kanan pada folder dan pilih Properties. Akan muncul jendela Properties dan pilih tab “Sharing”, dan klik tombol “Share”.

4.      Choose people to share with, klik select box yang tersedia, pilih Everyone, dan klik Add. Klik tombol Share untuk mengakhiri proses sharing.
5.      Jika proses sharing folder telah berhasil, kita akan mencoba mengakses folder tersebut dari komputer lain dalam jaringan. Caranya adalah buka Run pada komputer lain dan ketikkan alamat IP yang dituju (Alamat IP komputer tempat folder di share). Contoh : \\ 192.168.10.1.
6.      Maka akan muncul Folder yang telah kita share sebelumnya, yaitu folder SMKN 1 Negara.
          Semoga tulian ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan agan-agan sekalian.

0 comments:

Post a Comment